Kamis, 06 November 2008

TENTANG MUSIK PUNK NEH







Dari Sex Pistols, Ramones, Nofx, Green Day, sampai Blink 182, Sum 41. Punk terus berkibar meskipun timbul tenggelam dari taon 1970an ampe hari ini. Sekarang mereka terus hidup di tiaip-tiap Negara dan terus ber-regenerasi. Dengan cirri khas 3 chord saja sudah menghasilkan musik yang energik dan mudah untuk diingat. Mereka sering bereksperimen dengan jenis musik yang jarang didengar agar mereka gak bosen dengan musik mereka.

Mereka selalu berinovasi dalam mainin musik mereka. Mungkin band punk jarang sekali di expose karena tergantung pada prinsip yang dipegang masing-masing bandnya, jadi biasanya atas permintaan mereka sendiri untuk tidak di expose, dan dilihat dulu media apa yang akan mengexposenya dan apabila medianya terlalu komersil maka biasanya mereka gak ingin diexpose, atau emang karena hal lainnya untuk musik record besar yang siap menampung mereka. Salah satunya seperti Nofx yang anti terhadap mtv karena eksploitasnya, meski demikian bukan berarti Nofx tidak mempunyai kualitas dalam musiknya, bila kita denger album-album mereka sangat kreatif dan mempunyai karakter yang sangat kuat dengan memasukkan berbagai unsur musik dari jazz, rock n roll, reggae, hingga metal dalam satu lagu, dengan membawakan karakter mereka yang sangat kental.

Berbeda dengan Green Day, Rancid, Offspring, Blink 182, Sum41 dan band punk lainnya yang masuk record besar. Mereka mempunyai tujuan masing-masing terhadap kepentingan band mereka atau kepentingan individu dan mempunyai alasan-alasan tertentu untuk masuk sebuah dapur rekaman, seperti blink 182 yang udah lama berkibar ampe sekarang, walau uda bubar taon 2005 lalu. Tapi penggemarnya masih tetap ada. Namun, banyak kontroversi dari kalangan underground, khususnya punk yang kecewa terhadap blink 182 dan green day atas tindakan mereka tidak sesuai dengan gaya hidup sebelumnya yang dibilang punkers. Jadi, cenderung mereka dianggap terlalu memafaatkan posisi mereka pegang.

Kritikan-kritikan pun sering terdengar tentang band punk yang kini di bawah bendera record besar. Namun mereka tidak memperdulikan kritikan tersebut karena mereka meyakini konsep apa yang ada di dalam kepala mereka.

Musik punk mempunyai banyak aliran

Classic Punk Rock

Musik yang sangat kental rock n roll-nya di inggris dan amerika yang terinspirasi dari The Beatles dan Elvis Presley pada tahun 1970an ampe 1980an yang sedikit dipercepat dan diperkasar sehingga musik tersebut sempat sulit diterima pada masa itu dan banyak kritik social yang dilontarkan berawal dari suara kaum pemuda saat itu dan banyak terjadi pemberontakan lewat musik saat itu. Musik yang membosankan bagi mereka, keadaan keluarga yang terlalu mengekang dan jenuh terhadap lingkungan sekitar adalah suasana yang ada di sekitar mereka. Band yang berkibar pada masa itu, Sex Pistols, Ramones, The Clash, The Dammed, The Jam dkk.

New wave

Jenis yang satu ini bisa agak beda, musiknya lembut dan sentimental serta menyuarakan tentang kedamaian dunia dan kehidupan sehari-hari dengan konsep musik yang unik. Yang pasti mereka selalu mencari warna baru, karena itulah mereka disebut New Wave yang artinya gelombang baru. Band yang beraliran new wave antara lain: The Cure, The Police, The Jam, Super grass yang mayoritas berasal dari Inggris dan biasa disebut Brit Pop atau Brit Rock.

Raw punk

Aliran muisik yang muncul taon 1970 akhir dipelopori oleh Exploited dan Chaos UK, mengandalkan kecepatan ketukan 1/24, kekompakan permainan yang sangat ambisius sehingga musik yang terdengar membangkitkan adrenalin. Pada masa itu mereka mampu mengangkat kaum Indian dengan dandangan rambut yang ala Mohawk dan jaket kulit penuh dengan spike seolah-olah mereka adalah suku Indian yang menentang amerika atas penindasan suku Indian.

Hard Core Old Scholl

Jenis komunitas garis keras yang sesuai dengan paham ato ideologinya, mereka menyuarakan aspirasiya melalui musik dan selebaran. Hard core berawal pada tahun 1980an yang dipelopori oleh Blac Flag dan dilanjutkan oleh Raykers dan Youth of Today yang membawakan paham Stranght Edge, yaitu mengajarkan bahwa hidup dalam garil lurus tanpa mengenal kehidupan duniawi seperti drugs, free sex, yang pasti hidup dijalur yang positif.

Melodic

Jenis punk yang berinofatif lahir pertengahan tahun 1980 samai 1990 perpaduan antara punk rock dan raw punk, antara nada yang mendewai yang harmonis digabungkan dengan kecepatan permainan dan kekompakan. Jika denger musik jenis ini mudah dicerna tapi sedikit berisik dengan melodi lit yang mengisi disela-sela vocal dan memberikan variasi yang khas identik dengan keceriaan. Band yang berciri seperti ini antara lain Nofx, goldfinger, The vandals, useless ID, no use for a name, New Found gLory, Blink 182.

Emo

Aliran musik punk rock-pop yang diisi dengan emosional baik kesedihan ato kemarahan dan lebih menggunakan perasaan dalam memainkan alat musiknya, cirri vokalnya yang diciptakan memberi bentuk emosional maka dari itu disebut emo, band pelopor yaitu Ataris, Weezer, Samiam, ten foot pole.

Gothic punk

Jenis musik perpaduan antara punk dengan gothic, musik gothic yang menyuarakan tentang kematian misteri tentang dunia mistik dan hal-hal yang berbau horror, pencetus gothic punk ialah misfits yang berasal dari Hollywood. Metallica pun termasuk band yang terinspirasi dari mereka sehingga kerap kali misfits dianggap band metal oleh para penggemar musik metal.

1 komentar:

DANz on 26 Juni 2009 pukul 01.04 mengatakan...

tukeran link dunk

Posting Komentar

 

BLOG ANCOR Copyright © 2008 Black Brown Pop Template by Ipiet's Blogger Template