Senin, 08 Desember 2008

ASAL MULA CELANA JEANS


woyow plend,,,,,,,,,, kalian pasti punya celana jeans dunx,,,,,, taukah kalian siapa yang ngenalin celana jeans pertama kali???? yup, quw mau kch tau nih,,,,,

Awalnya, Levi Strauss datang ke San Francisco, Amerika tahun 1853 umur 24 buat memulai cabang punya kakaknya yang bergerak di bidang barang-barang yang dikeringkan. Sebelumnya, ia sempat bertahun-tahun belajar ilmu dagang di New York sejak berimigrasi dari Jerman. Ia membangun bisnisnya dari usaha kecil selama 20 tahun ke depan, membuat namanya sendiri nggak hanya dikenal sebagai businessman yang dihormati tetapi juga sebagai philanthropist.


Satu dari banyak pelanggan Levi adalah Jacob Davis, yang tinggal di Reno, Nevada dan seringkali membeli keling untuk pakaian produksinya sendiri dari gerai Levi Strauss & Co. tapi Jacob sering mengalami robek dibagian sakunya, sampai-sampai ia mikirin untuk memperkuat celana buat cowok. Karena itu ia punya ide untuk memasang rivet logam di titik-titik seperti ujung saku dan di dekat kancing utama.

Celana yang di rivet ini lansung ngetop buat para pelanggan Jacob. Tapi ini malah membuatnya khawatir kalo sampai-sampai idenya dicuri orang. Ia mutusin untuk membuat hak patentnya. Tapi saat itu Jacob gak punya uang sebanyak $68 untuk keperluan administrasi. Jadi, ia pikir butuh partner bisnis dan disitulah ia inget ama Levi Strauss. Jacob kemudian nulis surat ke Levi agar bergabung dengannya buat megang hak paten bersama. Levi sebagai businessman tulen langsung aja gak buang kesempatan dan menyetujuinya. Maka tanggal 20 Mei 1873 dua orang itu menerima paten #139, 121 dari hak paten dan merk amerika. Karena itulah hari itu sering dianggap hari lahirnya celana jeans.

Meski celana model denim udah dikenal cukup lama, tapi celana berkeling tetep aja nginetin kita pada jeans. Waist Overall adalah nama tradisional untuk celana kerja, sebutan jenis celana jeawns pertama. Kata jeans juga popular sejak taun 1960 saat generasi baby-boom mengadopsi istilah untuk celana favorit mereka.

Sekitar taun 1873, giliran pakaian berkeling pertama dibuat dan dijual dan Jacob Davis udah ditugasi buat produksi saat Levi Strauss & Co membuka 2 pabriknya di San Francisco.

Terus celana terpal ber rivet sendiri sebenarnya awalnya berkembang di pertambangan Amoskeag di Manchester, New Hampshire, sebuah perusahaan tenun. Dalam waktu singkat, semua pekerja cowok langsung membeli celana yang inovatif ini dan kekuatannya makin dikenal dari mulut ke mulut. Sekitar raun 1890, celana ini ditandai dengan tanda 501 yang masih dipakai ampe sekarang.

Dengan memegang hak paten selama 20 taun, Levi Strauss & Co kemudian jadi satu-satunya perusahaan yang berhak membuat pakaian berkeling ampe hak paten ini menjadi hak umum di sekitar taun 1891. saat hak paten uda kadaluwarsa, banyak pabrik garmen mulai menirunya. [HC]

0 komentar:

Posting Komentar

 

BLOG ANCOR Copyright © 2008 Black Brown Pop Template by Ipiet's Blogger Template